Senin, 07 April 2008

HATIKU MENUDUHKU

Apakah Anda kadang-kadang merasa bersalah dan tidak layak karena
sesuatu yang Anda lakukan bertahun-tahun lalu? Anda sudah mengakuinya
dan memohon supaya Allah mengampuni Anda, tetapi ingatan itu masih
saja menghantui Anda.

Saya berempati dengan Anda. Saya juga masih diliputi perasaan
bersalah jika saya teringat kembali bagaimana saya gagal menolong
seorang perempuan tua yang tak mempunyai anak ketika saya masih
belajar menjadi penginjil. Ia adalah pengunjung tetap toko tempat
saya bekerja paruh waktu. Setelah beberapa waktu, saya menjadi
sahabat dan penasihat rohani bagi wanita itu dan suaminya. Saya
bahkan memimpin pemakaman suaminya.

Ketika saya pindah ke kota lain untuk kuliah teologi, saya kehilangan
kontak dengannya. Sebenarnya saya berniat menghubunginya, tetapi saya
terus menundanya. Sampai akhirnya, suatu hari saya membaca berita
kematiannya. Saya diliputi kesedihan dan mengakui dosa saya kepada
Allah.

Lebih dari 30 tahun setelah Paulus bertobat, ia berbicara tentang
saat ketika ia menjadi "seorang penghujat dan seorang penganiaya dan
seorang yang ganas" (1Timotius 1:13). Ia bahkan menyatakan dirinya
sendiri sebagai orang yang paling berdosa (ayat 15). Namun, ia
berkali-kali bersukacita dalam kepastian bahwa ia adalah pendosa yang
diampuni.

Allah, yang lebih besar daripada hati kita dan yang sungguh-sungguh
mengenal kita (1Yohanes 3:20), telah mengampuni kita untuk dosa-dosa
yang sudah kita akui (1:9). Kita dapat memercayai-Nya! --HVL

PENGAKUAN DOSA KEPADA ALLAH
SELALU DIIKUTI OLEH PENGAMPUNAN DARI-NYA


1Timotius 1:12-17

12. Aku bersyukur kepada Dia, yang menguatkan aku, yaitu
Kristus Yesus, Tuhan kita, karena Ia menganggap aku setia dan
mempercayakan pelayanan ini kepadaku --
13 aku yang tadinya seorang penghujat dan seorang penganiaya
dan seorang ganas, tetapi aku telah dikasihani-Nya, karena
semuanya itu telah kulakukan tanpa pengetahuan yaitu di luar
iman.
14 Malah kasih karunia Tuhan kita itu telah dikaruniakan dengan
limpahnya kepadaku dengan iman dan kasih dalam Kristus Yesus.
15 Perkataan ini benar dan patut diterima sepenuhnya: "Kristus
Yesus datang ke dunia untuk menyelamatkan orang berdosa," dan di
antara mereka akulah yang paling berdosa.
16 Tetapi justru karena itu aku dikasihani, agar dalam diriku.

Tidak ada komentar: